Trik Menanak Nasi Hemat Listrik


Loading...
Sekarang ini sepertinya sudah sangat jarang ibu-ibu rumah tangga yang menanak nasi dengan cara tradisional, yakni memakai dandang penanak nasi. Itu karena sekarang sudah ada rice cooker yang memakai sumber daya listrik.

Lebih praktis, lebih bersih dan hasilnya pun tetap sama. Tinggal masukkan beras, tambah air, lalu masukkan ke dalam rice cooker. Tinggal tunggu beberapa saat, beras pun telah menjadi nasi.

Tapi, sering kali cara ini berdampak cukup buruk bagi anggaran rumah tangga. Daya listrik rice cooker yang mencapai 350 watt atau bahkan lebih kerap membuat angka tagihan pada rekening listrik membengkak.


Mau bagaimana lagi? Toh, beralih nanak nasi pakai dandang juga tetap saja ribet bukan main.

Bagi ibu-ibu rumah tangga yang punya banyak aktivitas, mungkin lebih memilih risiko tagihan rekening listrik membengkak daripada harus menanak nasi pakai dandang.

Nah, sekarang Anda tak perlu khawatir. Pada kesempatan ini akan dibahas trik menanak nasi pakai rice cooker, tapi hemat listrik.

Silakan simak penjelasan di bawah ini:
1.   Ambil beras dengan takaran sesuai dengan selara Anda. Cuci bersih, tiriskan.
2.   Masukkan beras ke dalam panci yang biasa ada pada rice cooker.
3.   Tambahkan air bersih hingga jarak antara permukaan air dengan permukaan beras yang terendam mencapai satu ruas jari telunjuk tangan orang dewasa.
4.   Masak di atas api kompor hingga airnya menyusut sampai ke permukaan beras yang telah berubah menjadi sedikit lunak.
5.   Setelah air menyusut hingga ke permukaan beras, matikan apinya, segara aduk hingga ke bagian dasar agar tidak berkerak. Estimasi proses ini membutuhkan waktu kurang dari 8 menit untuk beras seukuran 0,75 kilogram.
6.   Masukkan ke dalam rice cooker, tunggu sebentar, nasi pun matang dan siap untuk dinikmati. Estimasi proses menanak nasi di dalam rice cooker sekitar 4 menit. Total waktu menanak nasi lebih kurang 12 menit.

Pertimbangkan juga untuk mencoba trik membersihkan buah dan sayuran tanpa cairan kimia berbahaya serta trik menjaga kesegaran ikan sesaat setelah dibeli.

Trik ini penting untuk diterapkan setiap pagi. Sebab, selain tidak hemat listrik, cara ini juga lebih praktis dan hemat waktu. Ini juga penting bila harus menyiapkan menu sarapan.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel