4 Trik Menghilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya (Bag. 1)


Loading...
Daun pepaya sangat populer di Indonesia. Tak sedikit aneka masakan yang tercipta dari daun tersebut.

Mulai dari resep tumis daun pepaya hingga resep tumis bunga & daun pepaya (tidak pahit) khas Manado. Semuanya menawarkan cita rasa yang menyenangkan, meski hanya dibuat dari bahan sederhana. Yaitu, daun pepaya.

Yang jadi masalah, daun pepaya menyimpan getah yang rasanya itu pahit. Getah ini tak akan hilang bila dimasak hanya dengan cara direbus.


Meskipun direbus berjam-jam, rasa pahit dari getah daun pepaya tak akan pernah hilang.

Oleh sebab itu, tak heran bila tak sedikit orang yang dibuat keheranan ketika menikmati aneka masakan berbahan daun pepaya, namun rasanya tak pahit, alias tawar.

Rasa yang seperti ini yang banyak dicari. Karena rasanya yang tawar, ketika dimasak, rasa daun pepaya mudah menyatu dengan rasa bumbu aneka masakan.

Ada berbagai cara untuk menghilangkan atau menyingkirkan rasa pahit pada daun pepaya. Setidaknya ada 4 trik yang dapat diaplikasikan untuk menyingkirkan rasa pahit dari daun tersebut.

Bahkan, trik ini dapat juga diaplikasikan untuk aneka dedaunan yang berasa pahit. Seperti, daun mengkudu maupun daun talas yang juga umum dipakai pada aneka resep masakan tradisional. Tengok resep buntil daun talas spesial dan resep masakan docang kuah oncom khas Cirebon sedap dan lezat.

Tanah liat (lempung)
Trik yang pertama adalah dengan memanfaatkan tanah liat. Unsur hara yang terdapat pada tanah liat terbukti cukup ampuh untuk menyingkirkan atau menghilangkan rasa pahit daun pepaya yang berasal dari getahnya itu.

Untuk mengaplikasikan trik menghilangkan rasa pahit daun pepaya dengan memanfaatkan tanah liat ini, Anda harus memastikan bahwa tanah liat tersebut benar-benar berasal dari tanah yang bersih yang bisa  Anda dapatkan di kebun atau tegalan.

Cara mengaplikasikan
Cara mengaplikasikan trik menghilangkan rasa daun pepaya dengan memanfaatkan tanah liat adalah sebagai berikut. Setalah daun pepaya dipetik, satukan dan bulatkan. Lumuri dengan tanah liat basah. Selanjutnya, rebus dengan menggunakan air putih sampai daun menjadi matang dan empu, angkat. Cuci dengan menggunakan air mengalir hingga bersih dari tanah liat. Rebus kembali beberapa lama, tiriskan, peras. Daun pepaya yang rasanya tak pahit lagi ini sudah siap digunakan membuat aneka masakan. Seperti, resep buntil tahu daun pepaya atau urap sayuran udang crispy.

Satu dari 4 trik menghilangkan rasa pahit daun pepaya ini sering biasa diterapkan oleh masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah pedesaan. Soalnya, sangat mudah memperoleh tanah liat di wilayah tersebut. Buat Anda yang kesulitan mendapatkan tanak liat, Anda bisa beralih pada 4 trik menyingkirkan rasa pahit daun pepaya (Bag. 2).
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel