3 Tips Ampuh Mencegah Minyak Meletup Saat Menggoreng Ayam, Ati Ampela dan Ikan


Loading...
Makan siang atau atau makan malam dengan menyantap ayam goreng plus sambal Lamongan, ati ampela goreng, atau ikan mas goreng bumbu kunyit memang nikmat ya.

Apalagi, kalau di sampingnya juga ada aneka sambal yang lengkap dengan lalapannya. Sudah bisa dipastikan bahwa acara makan bakal menjadi begitu istimewa.

Tapi, kelezatan kuliner itu lantas cepat sirna karena takut kecipratan minyak sayur panas ketika menggoreng ayam, ati ampela, maupun ikan, selalu saja menghantui. Kandungan air yang ada pada semua bahan makanan mentah itu memang memicu munculnya letupan minyak panas ketika digoreng.


Minyak panas yang meletus-letus seperti petasan itu memang menakutkan. Pasalnya, bila sampai terkena, kulit bisa jadi melepuh serti luka bakar.

Kalau Counties termasuk yang takut mengalami hal itu, sepertinya Counties sangat membutuhkan 3 tips ini. Ketiga tips ini sangat ampuh untuk mencegah munculnya letupan minyak sayur panas ketika digunakan untuk menggoreng ayam, ati ampela, maupun ikan.

Mau tahu? Langsung saja simak 3 tips berikut ini:

1. Mengatur suhu

Untuk meredam munculnya letupan minyak sayur panas ketika digunakan untuk menggoreng ayam, ati ampela, atau ikan, tips yang pertama adalah dengan mengatur suhu minyak sayur. Semakin panas suhunya, maka potensi munculnya letupan minyak sayur akan menjadi lebih besar.

Supaya letupannya tak sampai mengenai tangan atau anggota tubuh lain, Couties harus mengecilkan indikator api kompor.

Selain itu, ketika memasukkan bahan yang akan digoreng jangan dilakukan dengan cara melempar. Saking takutnya terkena cipratan minyak sayur panas, banyak orang melakukan hal tersebut. 

Padahal, cara menggoreng seperti itu malah berbahaya. Sebab, kemungkinan terjadinya cipratan minyak sayur panas jadi semakin besar. Simak juga tips mendapatkan minyak goreng murah.

2. Menambahkan garam

Tips ampuh yang kedua untuk mengurangi letupan minyak sayur panas saat menggoreng ayam, ati ampela, dan ikan adalah dengan menambahkan garam dapur pada minyak sayur yang akan digunakan untuk menggoreng.

Caranya, Counties tinggal memasukkan garam dapur secukupnya pada minyak sayur. Setelah itu, panaskan minyak sayur seperti biasa.

Setelah panas, coba gunakan untuk menggoreng. Pasti minyak sayur yang digunakan untuk menggoreng tidak meletus lagi.

Karena minyak yang digunakan sudah diberi garam, maka Counties sebaiknya mengurangi penggunaan garam pada bumbu marinasinya. Ini resep ati ampela goreng bumbu kecap manis spesial.

3. Jeruk nipis

Tips yang ketiga adalah dengan menambahkan air jeruk nipis. Counties cukup menambahkan air jeruk nipis pada minyak sayur yang nantinya akan digunakan untuk menggoreng ayam, ati ampela, dan ikan.

Sama seperti garam, tambahkan air jeruk nipis sebelum memanaskan minyak sayur. Setelah panas, coba gunakan untuk menggoreng ayam, ati ampela, atau ikan, dijamin tidak ada lagi letupan minyak sayur yang berbahaya. Bukan cuma untuk mencegah minyak panas meletup, jeruk nipis juga satu di antara 3 ramuan untuk meredakan batuk.

Nah, mudah kan? Sekarang Counties tak perlu takut lagi saat menggoreng ayam, ati ample, atau ikan. Semoga bermanfaat!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel