Resep Udang Goreng Crispy Tumis Leunca


Loading...
Tumis leunca adalah salah satu resep masakan khas Indonesia. Dipadukan dengan udang goreng crispy, sajian kuliner ini pasti dapat menggugah selera makan bagi siapa saja. Tak perlu teknik memasak tingkat tinggi untuk membuat menu udang goreng crispy tumis leunca. Sebab, resep masakan udang goreng crispy tumis leunca ini tergolong menu masakan praktis. Cara memasaknya begitu mudah. Tinggal campur semua bahan, lalu ditumis dengan bumbu yang sederhana. Menu udang goreng crispy tumis leunca pun siap disajikan.

Terdapat tiga bahan utama pada resep masakan praktis udang goreng crispy tumis leunca ini. Yaitu, udang, leunca dan tempe (kedelai yang diberi ragi). Bahan yang disebut terakhir dapat diganti dengan bahan yang punya tekstur kurang lebih sama. Misalnya, oncom (kacang tanah yang diberi ragi) atau tahu (tofu) pun bisa.

Walau menu ini dibuat dari bahan dan bumbu yang sederhana, tapi tidak begitu dengan rasanya. Hati-hati, karena menu ini bakal menguras persediaan nasi. Tergiur mencoba? Simak daftar resep udang goreng crispy tumis leunca berikut ini. Penting juga membaca tipsnya. Resep ini setara 8 porsi.


Bahan utama untuk membuat udang goreng crispy tumis leunca:
1. 200 gram udang ukuran sedang-besar, singkirkan kulitnya hingga pangkal ekor dan kepala, cuci bersih.
2. 100 gram leunca.
3. 1 lembar tempe ukuran sedang, dipotong dengan ukuran sesuai selera.

Bahan yang dihaluskan untuk memasak udang goreng crispy tumis leunca:
1. 5 siung bawang merah.
2. 2 siung bawang putih.

Bahan penguat rasa untuk memasak udang goreng cryspi tumis leunca:
1. 300 gram tepung terigu protein tinggi.
2. 2 utas daun bawang, potong dengan ukuran 1 sentimeter.
3. 2 buah cabai merah, diiris tipis.
4. 2 buah cabai rawit, diiris tipis. Bahan berupa cabai yang ada pada resep ini jumlahnya dapat disesuaikan selera.
5. Minyak goreng secukupnya untuk menumis.
6. Garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya.
7. Minyak goreng untuk menggoreng udang.
8. Air secukupnya.


Tips memasak udang goreng crispy tumis leunca:
1. Setelah dicuci bersih, balur udang dengan air jeruk nipis, biarkan hingga beberapa menit. Ini untuk menghilangkan bau amis.
2. Setelah menumis leunca, usahakan jangan sampai leunca menjadi terlalu layu. Jika terlalu layu, cita rasa renyah dari leunca tidak akan bisa Anda rasakan.
3. Pemakaian daun bawang pada resep ini punya peran penting. Bau daun bawang yang khas akan menambah kesedapan rasa pada resep udang goreng crispy tumis leunca.
4. Bila memakai tahu (tofu), pilih tahu yang bertekstur kenyal. Jangan memakai tahu sutera atau tahu putih biasa karena teksturnya yang lembut tidak cocok untuk resep masakan ini.


Cara memasak udang goreng crispy tumis leunca:
1. Tahap membuat udang crispy: Tuangkan tepung terigu protein tinggi ke dalam dua wadah. Tepung di satu wadah ditambah dengan air, garam dan merica bubuk secukupnya, aduk hingga rata. Ini untuk memberikan rasa pada udang goreng. Masukkan udang yang telah dibersihkan ke dalam tepung yang tidak diberi air. Setelah itu, balur dengan adonan tepung yang telah diberi bumbu. Goreng dengan minyak yang panas dan banyak hingga berwarna kuning kecokelatan, angkat, tiriskan, sisihkan dulu.
2. Tahap mengolah tempe: campur air dengan garam dan merica. Rendam tempe di air tersebut selama 2 menit. Setelah itu goreng dengan minyak panas hingga berwarna kuning kecokelatan, angkat, tiriskan, ditumbuk kasar, sisihkan.
3. Tumis bahan yang dihaluskan memakai sedikit minyak goreng. Setelah tercium bau harum, masukkan cabai merah, cabai rawit dan daun bawang. Setelah layu, baru masukkan tempe yang telah ditumbuk kasar, aduk hingga rata. Tambahkan garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya. Aduk kembali hingga rata. Matikan api kompornya, angkat dan pindah ke wadah saji. Taburkan udang goreng crispy di atas. Udang goreng crispy tumis oncom siap disajikan dengan nasi. Pertimbangkan juga untuk mencoba resep urap sayuran udang crispy serta resep udang bumbu rica-rica mudah dibuat.

Terima kasih telah membaca resep udang goreng crispy tumis leunca. Resep ini cukup untuk 4 porsi.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel