Resep Kuah Bakso: Ini Rahasianya


Loading...
Semua orang bisa saja membuat resep kuah bakso. Membuatnya memang tidak sulit. Mudah saja. Tapi, untuk membuat kuah bakso yang punya cita rasa yang sedap, itu yang belum tentu semua orang bisa. Setidaknya ada satu rahasia yang harus kalian ketahui supaya menghasilkan kuah bakso yang sedap dan mantap.

Rahasianya ada pada bahan tambahan yang harus kalian sediakan selain tulang dengkul sapi karena bagian itu yang banyak mengandung sungsum. Bahan tambahan yang jadi rahasia dari resep kuah bakso adalah gajih atau lemak sapi.


Bahan untuk membuat atau mengolah resep kuah bakso:
1. 1 kilogram tulang bagian dengkul sapi.
2. 3 liter air putih.
3. 6 ikan daun bawang.
4. 8 siung bawang putih, dimemarkan.
5. 2 siung bawang bombai, diiris tipis.
6. 5 batang wortel, masing-masing dipotong menjadi 4 bagian. Sebelum dipotong-potong, diharapkan wortel sudah dalam kondisi dikupas. Setelah dipotong-potong, baru kemudian dicuci dengan air mengalir hingga bersih.
7. 4 utas daun seledri.
8. 0,5 kilogram gajih (lemak) sapi.
9. 2 sendok makan mentega.


Tips membuat atau mengolah resep kuah bakso:
1. Supaya cita rasa sungsum mudah keluar saat direbus, dengkul sapi sebelumnya harus dimemarkan hingga retak terlebih dahulu.
2. Untuk memperkaya rasa, tambahkan beberapa potong tomat sayur saat merebus semua bahan.
3. Anda juga bisa menambahkan daging sapi pada resep kuah bakso ini.


Rahasia dari cara membuat kuah bakso:
1. Rebus tulang bersama air putih hingga mendidih.
2. Masukkan bawang putih, bawang bombay, daun bawang, daun seledri dan wortel, rebus hingga air menyusut menjadi sekitar 2 liter.
3. Masukkan gajih (lemak) sapi, rebus hingga kuahnya menyusut menjadi 1,5 liter. Resep ini dapat Anda gunakan untuk aneka masakan. Misalnya, bahan tambahan atau pelengkap untuk resep sayur asam jawa daging sapi, resep daging sapi lada hitam spesial, resep soto betawi asli enak, serta resep rica-rica daging sapi spesial.

Supaya kuahnya berwarna bening, sebelum disajikan saring air kaldu kuah bakso sebelum disajikan. Dengan menerapkan resep kuah bakso: ini rahasianya, sekarang kalian sudah bisa membuat bakso sendiri di rumah dengan rasa kuah yang tak kalah sedap dengan yang dijual di warung favorit kalian.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel