Resep Tempe Mendoan Ceria Pedas Manis


Loading...
Perlu sedikit dijelaskan bahwa tempe mendoan adalah menu cemilan yang dibuat dari adonan tepung terigu yang diberi bumbu sebagai bahan balur tempe, kemudian digoreng. Adapun tempe adalah kedelai yang diproses fermentasi.

Cara membuat tempe mendoan tentunya sangat mudah, sama seperti membuat menu gorengan makanan khas Indonesia lainnya, antara lain, resep bakwan udang aneka sayur dan resep pisang goreng cokelat pandan bikin ketagihan.

Bosan rasanya mengonsumsi tempe mendoan yang dimasak dengan cara yang biasa-biasa saja. Lantara alasan tersebut, sekarang County Food akan membahas tempe mendoan yang spesial karena penampilannya yang ceria dan menggoda selera.


Bahan untuk membaut atau mengolah resep tempe mendoan ceria pedas manis:
1. Jenis tempe yang disarankan dibahas pada bagian tips. 1 papan tempe, diiris tipis.
2. Garam secukupnya.
3. 100 gram tepung beras.
4. 2 utas daun bawang, dirajang tipis.
5. Aneka bumbu inti. Dibahas pada bagian paragraf terakhir.
6. Aneka bahan supaya tempe mendoan memiliki tampilan yang ceria. Bahan-bahan untuk membuat mendoan punya cita rasa pedas manis juga dijelaskan pada paragraf terakhir.
7. Lada putih bubuk secukupnya.
8. 300 gram tepung terigu protein tinggi. Kalian bisa menambahkan bahan yang dibahas pada trik menggoreng agar hasilnya super crispy dan renyah (part 2).
9. Air putih secukupnya. Tambah atau gunakan bahan yang dibahas pada trik menggoreng agar hasilnya super crispy dan renyah (part 3).
10. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng. Sebelum menggoreng, silakan kuasai dulu trik menggoreng agar hasilnya super crispy dan renyah (part 1).
11. Gula pasir secukupnya.


Tips membaut atau mengolah resep tempe mendoan ceria pedas manis:
1. Pilih jenis tempe yang proses fermentasinya sudah sempurna. Cirinya, tekstur tempe rekat dan tekstur kedelai empuk.
2. Selain daun bawang, kalian juga bisa menambahkan daun seledri secukupnya.
3. Kalian juga boleh menambahkan telur kocok ke dalam adonan tepung. Tapi, kurangi takaran air putihnya bila memakai telur. Telur akan membuat tekstur mendoan menjadi lebih empuk dan lembut.


Cara membuat tempe mendoan ceria pedas manis:
1. Larutkan aneka bahan bumbu inti, gula pasir, garam dan merica bubuk dengan air putih.
2. Tambahkan tepung terigu dan tepung beras, aduk hingga tercampur rata.
3. Tambahkan daun bawang dan aneka bahan yang membuat penampilan mendoan menjadi cerita saat disajikan nanti.
4. Panaskan minyak goreng.
5. Celupkan tempe ke dalam adonan tepung, angkat.
6. Goreng hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan, angkat, tiriskan. Pertimbangkan juga untuk mencoba resep belut goreng kering renyah sederhana serta resep tempe goreng tepung beras renyah.

Setelah ditiriskan, letakkan di piring saji. Siram dengan campuran dari aneka bahan yang membuat rasanya menjadi pedas manis. Cara membuatnya sebagai berikut: 5 buah cabai rawit, diiris tipis, 1 siung bawang merah dicincang, air jeruk lemon secukupnya dan 5 sendok makan kecap manis. Campur semua bahan, aduk hingga tercampur rata. Sedangkan bumbu inti dari tempe mendoan adalah 3 siung bawang putih dihaluskan bersama 0,5 sendok teh ketumbar dan kunyit seukuran 1 ruas jari. Adapun aneka bahan yang membuat tampilan mendoan menjadi terlihat ceria adalah wortel dirajang tipis dengan bentuk dan ukuran sesuai selera. Dengan berbagai bahan yang telah disebutkan itu, resep tempe mendoan ceria pedas manis akan menjadi sempurna.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel