Resep Nasi Kuning Rumahan Cocok untuk Hajatan


Loading...
Nasi kuning adalah nasi yang dimasak dengan menggunakan santan dan aneka bumbu. Adapun warna kuning pada nasi ini berasala dari kunyit yang dihaluskan.  

Aroma resep makanan Indonesia yang juga kerap dijadikan sebagai tumpeng nasi kuning sungguh wangi. Aroma wangi itu berasal dari cengkeh yang dijadikan sebagai salah satu bumbunya. Kalau sudah dijadikan tumpeng, biasanya dihidangkan untuk acara hajatan.

Di sejumlah daerah di Indonesia, nasi kuning juga sering disebut dengan nasi uduk kuning. Sebab, resep nasi kuning hampir mirip dengan resep nasi uduk. Hanya saja, nasi uduk pada umumnya tidak ditambah kunyit. Berikut penjelasan tentang resep nasi kuning rumahan yang cocok untuk acara hajatan.


Bahan:
1. 500 gram beras, cuci bersih.
2. 800 santan encer yang dibuat dari 0,25 butir kelapa.

Bumbu:
1. Garam dan lada putih bubuk secukupnya.
2. 3 butir cengkeh.
3. 2 lembar daun salam.
4. 2 lembar daun pandan.
5. Kunyit seukuran 3 sentimeter, dibakar, kemudian dihaluskan.


Cara masak nasi kuning rumahan yang sangat cocok untuk acara hajatan:
1. Rebus santan bersama daun salam, daun pandan, kunyit, cengkeh, garam, dan lada putih bubuk, masak sambil diaduk sesekali sampai menguap.
2. Masukkan beras, masak sampai santan meresap, aduk, angkat.
3. Pindah ke panci untuk mengukus, kukus nasi kuning setengah matang sampai tanak, angkat.
4. Pindah ke wadah saji atau masukkan ke dalam cetakan tumpeng, nasi kuning atau nasi uduk kuning, atau boleh juga disebut tumpeng nasi kuning sudah siap dihidangkan bersama aneka lauknya. Seperti, kering tempe (resep udang tumis kering tempe spesial) atau balado kentang (resep balado kentang dan rahasianya jadi enak), resep ayam goreng bawang bumbu original, irisan telur dadar (resep telur dadar seledri daging), dan resep lapis daging khas Surabaya (Jawa Timur) istimewa.

Resep nasi kuning yang dibuat ala rumahan ini sangat cocok untuk acara hajatan. Tapi, kalau ingin membuat yang lebih praktis (menggunakan rice cooker) dapat anda pelajari pada resep nasi kuning enak praktis. Nasi kuning tersebut juga dapat dijadikan tumpeng untuk acara hajatan.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel