4 Tips Membuat Dapur Tetap Bersih dan Rapi


Loading...
Dapur di rumah terlihat kotor dan berantakan memang tak sedap dipandang mata. Secara estetika, dapur harus terlihat bersih dan rapi.

Bukan apa-apa, soalnya makanan yang Bunda nikmati bersama keluarga berasal dari situ.

Kalau dapur sampai kotor dan berantakan, mana mungkin Bunda bisa menghidangkan masakan favorit keluarga dengan jaminan bersih dan sehat?


Sebenarnya mengondisikan supaya dapur di rumah tetap selalu bersih dan rapi bukanlah perkara susah, bila Bunda membiasakan 4 tips yang akan dibahas County of Food pada rublik "Tips Dapur" kali ini.

1. Time management


Manajemen waktu (time management) tak cuma berlaku di kantor. Ketika memasak, Bunda juga harus selalu menerapkan time management.

Selain untuk memperaingkat proses menyiapkan berbagai masakan favorit keluarga, bunda juga bisa mengisinya dengan kegiatan membersihkan peralatan masak.

Waktu yang paling memungkinkan adalah ketika menunggu masakan matang. Gunakan waktu luang itu untuk mencuci dan membersihkan semua peralatan memasak. Sehingga, begitu masakan matang, peralatan masak kotor juga sudah bersih.

2. Segera kembalikan pada tempatnya


Kebiasaan tak segera mengembalikan bumbu dan bahan dapur pada tempatnya bisa jadi masakan tersendiri. Lantaran, ingin segera mencicipi hasil masakan bersama keluarga, akhirnya bumbu dan bahan dapur lupa dirapikan dan jadi berantakan di dapur.

Lenyapkan kebiasaan tersebut. Latih diri Bunda untuk segera mengembalikan bumbu dan bahan dapur ke tempatnya, setelah digunakan.

Tularkan kebiasaan tersebut kepada suami, buah hati, asistem rumah tangga dan anggota keluarga lain serumah.

Dengan kebiasaan ini, niscaya dapur di rumah Bunda bakal selalu terlihat rapi. Manfaat lainnya, Bunda dan anggota keluarga lain juga akan mudah menemukan bumbu dan bahan dapur ketika membutuhkannya.

3. Stop plating


Jangan buru-buru plating atau menyiapkan masakan yang sudah matang pada wadah saji. Stop acara plating, bila peralatan kotor belum dibersihkan dan wadah bumbu dan bahan bahan dapur belum dikembalikan pada tempatnya.

Selain supaya dapur selalu bersih dan rapi, acara plating juga jadi lebih menyenangkan dan higienis. Bila dapur di rumah bunda berdekatan atau menyatu dengan ruang makan, selain dapat menikmati masakan enak, Bunda dan keluarga tentu juga mendapatkan suasana bersih dan rapi karena dapur sudah dibersihkan dan dirapikan.

4. Jangan lupakan noda


Jangan pernah menunda-nunda kesempatan untuk menghilangkan noda yang tertinggal di meja dapur, dinging dapur, lantai dapur peralatan dapur. Bila terlalu lama diabaikan, noda cipratan minyak, santan, atau lainnya jadi sulit dibersihkan.

Lakukan tips terakhir ini sebelum Bunda menghidangkan hasil masakan kepada keluarga di meja hidang.

Dengan membiasakan 4 tips ini ketika memasak, dijamin dapur di rumah Bunda akan selalu terlihat bersih dan rapi. Selamat memasak!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel