Sering Ada Kecoa di Dapur Bunda? Ini Penangkalnya


Loading...
Kecoa memang menjijikkan. Sama seperti lalat, kecoa suka berhabitat di tempat kotor dan lembab.

Amit-amit kalau di rumah atau di dapur sampai sering ada kecoa. Itu indikasi bahwa ada yang harus dibersihkan di ruang rumah atau di dapur Bunda.

Segera bersihkan dan tanggal dengan 5 tips berikut ini. Maka, kecoa pun tak akan kembali.


1. Pastikan dapur dalam kondisi kering

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kecoak suka berlama-lama di tempat lembab. Jadi, pastikan bahwa ruang dapur di rumah Bunda selalu dalam kondisi kering.


Terutama setelah memasak dan cuci piring. Bunda harus segera mengeringkan bak cuci piring. Dan, segera keringkan lantai dapur setelah dipel. Terutama dibagian pojok dan gelap.

2. Jangan ada bahan dan bumbu berserakan di dapur


Setelah digunakan untuk memasak, usahakan untuk segera merapikan bahan dan bumbu. Jangan sampai berserakan di dapur. Soalnya, kecoa sangat suka bermukim di tempat berantakan dan kotor.

3. Simpan bahan makanan di wadah berpenutup


Amankan bahan makanan atau sisa masakan di dalam wadah berpenutup. Aroma makanan bisa mengundang kecoa untuk datang dan merayapinya.

Bunda tentu tak ingin bahan makanan atau sisa makanan yang ada di dapur sampai digerayangi serangga itu bukan?

Kalau tidak punya wadah berpenutup untuk menampung bahan makanan atau sisa makanan, Bunda bisa menyimpannya di dalam kulkas atau lemari dapur. Atau, bisa juga memanfaatkan tudung saji.

4. Jauhkan dapur dari tempat sampah


Sampah merupakan habitat paling nyaman bagi kecoa. Jadi, jauhkan dapur Bunda dari tempat sampah. Tapi, bila terpaksa menempatkan tempat sampah di ruang dapur, usahakan untuk memilih tempat sampah yang ada tutupnya.

Di samping itu, jangan pernah membuang sisa makanan bersifat basah ke dalam tempat sampah di dalam rumah. Sebab, kecoa sangat suka dengan tempat yang basah, lembab, dan kotor.

5. Bebeskan dapur dari genangan air


Kegiatan memasak di dapur memang tak bisa dilepaskan dari air. Entah itu digunakan untuk memasak, mencuci, maupun membersihkan ruang dan peralatan yang ada di dapur. Air selalu menjadi bahan utama ketika memasak.

Tapi, jangan pernah membiarkan ada genangan air di dapur rumah Bunda. Ruang yang lembab dan basah akan mengundang kecoa untuk singgah dan mencari makanan di sekitar ruang lembab tersebut.

Aplikasikan kelima tips mudah ini. Niscaya, keberadaan kecoa tak akan ada lagi di dapur rumah Bunda. Ingat, selalu jaga kebersihan dan kerapian ruang dapur supaya acara memasak jadi menyenangkan ya Bunda!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel