Tips Mudah Bersihkan Lantai Dapur Berminyak


Loading...
Usai masak, lalu lantai dapur jadi kotor dan berminyak, itu hal lumrah. Tapi, kalau tidak dibersihkan secepatnya, takutnya lantai dapur jadi kusam, licin, dan berkerak.

Tentunya hal itu akan jadi masalah tersendiri dan bisa-bisa menghilangkan mute Bunda untuk masak lagi di kemudian hari.

Jangan khawatir, di rubrik "Tips Dapur" kali ini, County of Food punya solusinya. Di sini akan dibahas tips mudah untuk membersihkan lantai dapur yang berminyak.


Aktivitas menggoreng atau menumis memang sering menimbulkan cipratan minyak sayur atau mentega di lantai dapur. Walhasil, lantai dapur jadi berminyak dan licin. Apalagi kalau lantai di dapur rumah Bunda menggunakan ubin keramik atau kayu.

Tak cuma licin dan berbahaya. Kalau tak segera dibersihkan, lama-kelamaan menimbulkan noda atau kerak yang sulit dibersihkan. Itu karena kotaran dan debu di dabut terperangkap oleh cipratan minyak yang menempel di lantai dapur.


Celakanya, terkadang air sabun (cairan mengandung deterjen) tak cukup ampuh untuk melenyamkap minyak yang terciprat ke lantai dapur. Setelah dibersihkan dengan air sabun, yang ada lantai dapur malah jadi tambah licin. Ini karena, sifat air yang memang tak bisa bersatu dengan minyak.

Sebenarnya ada tips mudah membersihkan lantai berminyak akibat cipratan minyak sayur, margarin, atau mentega dari kegiatan menggoreng dan menumis. Yaitu, dengan memanfaatkan tepung terigu.

Sifat tepung terigu yang dapat menyerap cairan, sangat efektif mengangkat minyak yang terciprat di dapur lantai keramik dan kayu.

Tentunya, jenis lantai kayu mengkilap yang sudah di-finishing pernis, plitur, atau jenis cat kayu lainnya.


Pengaplikasiannya sangat sederhana dan mudah. Setelah memasak, bila lantai dapur terasa licin karena berminyak, Bunda cukup menaburkan tepung terigu di bagian lantai dapur yang berminyak. Ratakan, kemudian diamkan 1-2 menit.

Setelah itu, lap dengan kain basah atau tisu basah sampai beraih. Biarkan atau lap dengan kain kering atau tisu kering. Lantai berminyak pun akan sirna.

Mudah bukan? Tips mudah membersihkan lantai dapur ini akan sangat efektif bila dilakukan segera setelah lantai terkena noda minyak.

Selamat mencoba dan tetap jaga kebersihan lantai dapur Bunda, supaya acara masak jadi lebih menyenangkan.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel