4 Jenis Keju yang Membuat Aneka Kuliner Jadi Semakin Lezat Menggoda Selera


Loading...
Berbicara tentang keju memang seolah tiada habisnya. Ada begitu banyak kuliner lezat menggoda selera yang diolah dari keju.

Mulai dari pizza, kue, spaghetti, vla, atau aneka minuman dan menggunakan keju yang diparut sebagai topping-nya.

Tapi, tak semua orang tahu bahwa ada beberapa macam keju yang membuat aneka kuliner itu jadi semakin lezat dan menggoda selera.

Foto: Fresh Design Pedia

Bisa jadi, yang mereka tahu cuma keju cheddar. Padahal, kalau cuma mengandalkan keju cheddar, bermacam kuliner itu belum bisa menawarkan sensasi lezat menggoda selera.

Mau tahu apa saja jenis keju yang membuat aneka kuliner itu jadi semakin lezat menggoda selera? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Keju edam

Gambar: Katie at Thekitchen Door

Keju edam juga sering disebut keju tua. Itu karena proses fermentasi yang dibutuhkan memang lebih lama ketimbang jenis keju cheddar. Karena rasa gurih yang cukup kuat, keju yang asalnya dari orang Belanda itu sering digunakan sebagai campuran bahan untuk membuat kue.

2. Keju parmesan

Gambar: bovinodalatte

Dari beberapa jenis keju, mungkin keju parmesan yang membutuhkan proses fermentasi paling lama. Bahkan, proses fermentasinya lebih lama ketimbang keju edam. Proses fermentasi keju parmesan bisa sampai bertahun-tahun. Oleh sebab itu, teksturnya lebih keras dan kering ketibang keju lainnya. Karena rasa gurih dan aromanya yang sangat tajam, keju ini selalu dijadikan andalan oleh para chef ketika membuat kue atau roti yang menawarkan cita rasa serta aroma keju.

3. Keju mozarella

Gambar: The Home Pizzeria

Kalau Anda suka makan pizza, pasti Anda suka dengan sensasi lengket pada topping-nya. Nah, itu berasal dari keju mozarella. Tekstur itu tak bisa diciptakan oleh keju jenis lainnya. Selain memberikan gimmick ketika menikmati pizza, keju mozarella juga menawarkan sensasi gurih yang cukup menarik dan berbeda. Karena proses feremtasi yang diterapkan untuk jenis keju ini lebih pendek, maka sensasi rasa susu masih bisa dirasakan.

4. Blue cheese

Gambar: Foodness Gracious

Mungkin banyak yang belum tahu dengan salah satu jenis keju ini. Disebut blue cheese karena permukaanya berwarna hijau kebiruan. Keju asal perancis ini diolah dari fermentasi susu domba plus potongan jamur. Teksturnya lembut dan aromanya cukup tajam. Kalau ditambahkan pada makanan atau minuman, pasti jadi lebih lezat menggoda selera.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel