Cara Mudah Membuat Peralatan Dapur Stainless Steel Berkilau Kembali


Loading...
Alasan banyak orang memilih peralatan dapur berbahan stainless steel bisa jadi karena awet dan warnanya yang berkilau.

Selain itu, perlatan berbahan stainless steel juga mudah dibersihkan. Perawatannya juga tergolong mudah.

Setelah dipakai, sendok makan, garpu, sendok sayur, atau panci berbahan stainless steel cukup dicuci dengan air sabun dan dibilas dengan air. Dan, perlatan itu pun sudah bersih dan berkilau kembali.

Peralatan dapur stainless steel

Masalanya, terkadang ada beberapa di antara peralatan itu yang jarang dipakai. Karena lama digantung atau diletakkan di ruang terbuka, peralatan tersebut jadi berdebu dan berkerak. Kalau sudah begitu, dibutuhkan cara ekstra untuk membersihkannya.

Eit, jangan buru-buru menghilangkan kerak itu dengan cara menggosokan sponge berpermukaan kasar.

Takutnya nanti malah muncul goresan pada permukaannya. Tenang, ada cara mudah untuk membersihkannya dan peralatan tersebut tetap aman dari goresan. Yaitu, menggunakan air garam. Berikut ulasannya.

Larutkan 3 sendok makan air garam dengan 2 liter air bersih. Rendam peralatan berbahan stainless steel di dalam larutan air garam tersebut. Biarkan larutan air garam bekerja. Lebih kurang selama 30 menit.

Simak juga: 5 Alat Masak yang Wajib Ada di Dapur

Setelah 30 menit, Anda akan melihat larutan air garam yang digunakan untuk merendam peralatan stainless steel akan berubah menjadi keruh.

Itu pertanda, kalau debu dan kerak yang menempel pada peralatan tersebut sudah hilang. Selanjutnya, Anda tinggal membilasnya dengan air bersih. Atau mencucinya dengan air sabun, bila perlu.

Setelah dibilas, keringkan peralatan stainless steel dengan lap bersih. Ketika mengeringkan sebaiknya jangan digosok terlalu keras, karena takut nantinya permukaanya menjadi tergores.

Meski tetap berkilau, tapi kalau ada goresan, tentu tidak sedap lagi dipandang mata.

Sima juga: 6 Alat Makan yang Paling Penting dan Harus Ada di Meja Hidang

Nah, supaya tak lekas berdebu dan berkerak, sebaiknya peralatan tersebut disimpan di dalam ruang tertutup dan dibersihkan secara berkala dengan cara dilap dengan kain kering dan bersih.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel