Trik (Cara) Masak Ceker (Kaki) Ayam Supaya Empuk dan Enak


Loading...
Karena tak tahu cara mengolahnya, orang sering tak menghiraukan bagian ceker (kaki) ayam.

Padahal ceker ayam, khususnya pada ayam jenis broiler atau negeri, memiliki jumlah daging yang cukup banyak.

Sehingga, tetap bisa dinikmati dengan cara mengolahnya dulu menjadi beberapa macam masakan. Misalnya, resep pindang kaki (ceker) ayam khas Palembang atau resep sayur asem ceker (kaki) ayam.

Ceker ayam

Selain itu, ceker ayam juga menyimpan banyak sumsum di dalam tulangnya. Nah, sumsum itulah yang menjadi sumber rasa gurih pada setiap masakan yang menggunakan ceker ayam sebagai bahan utamanya.

Cita rasa gurih yang dihasilkan oleh sumsum di dalam tulang ceker ayam, itu lebih gurih ketimbang kaldu yang berasal dari daging atau lemak. Bahkan, dipercaya lebih kaya manfaatnya buat kesehatan karena banyak mengandung kalsium. Zat itu sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Jadi, kalau lain kali beli ayam, jangan lagi buang bagian tersebut. Kalau memang suka, beli sebanyak-banyaknya. Jangan khatir tak bisa mengolah, karena pada kesempatan ini Anda akan tahu bagaimana trik atau cara masak ceker supaya empuk dan enak.

Pertama, tentu Anda harus membersihkan ceker ayam yang sudah dibeli. Hilangkan bagian kuku dan kulit mati atau sisik. Kemudian, cuci sambil dibasuh dengan air mengalir sampai bersih.

Usai itu, balur ceker ayam dengan air jeruk nipis. Fungsinya untuk menyamarkan bau amis. Diamkan selama 10 menit sampai 15 menit.

Nah, tahap ini yang paling menentukan. Supaya nanti hasil masakan ceker ayam empuk, Anda harus memarkan ceker ayam dengan cara digepuk atau dipukul. Anda bisa memanfaatkan palu berbahan stainless steel yang biasa digunakan untuk memarkan daging. Seperlunya saja, tak perlu sampai tulang sumsum retak. Tapi kalau memang ingin mendapatkan kaldu yang sangat gurih dari sumsumnya, ya boleh saja digepuk sampai tulang ceker ayam retak.

Setelah itu, Anda bisa memasaknya. Dimasak tumis, kukus, atau rebus, bergantung selera masing-masing. Ini beberapa referensinya, resep soto ceker kuah bening atau resep masak ceker kecap pedas istimewa.

Waktu yang dibutuhkan untuk memasak ceker ayam supaya empuk dan enak, juga cukup menentukan. Semakin lama semakin baik. Setelah mengolah ceker dengan trik ini, waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan, sekurangnya 10 menit. Ceker ayam pasti jadi empuk dan hasil masakan jadi enak.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel