Tips Membuat Ketupat Pulen dan Tahan Lama Lengkap dengan Cara Menyimpannya


Loading...
Lebaran segera tiba! Tak afdol rasanya bila sajian khas Lebaran, seperti opor ayam, sambal goreng, dan rendang daging, tidak disantap dengan potongan ketupat beras yang pulen dan enak.

Kalau mau membuat ketupat sendiri, Anda bisa melihat referensinya di resep cara membuat ketupat pulen empuk dan enak.

Apalagi bila ketupat yang disantap dengan aneka masakan khas Lebaran itu masih dalam kondisi fresh. Maksudnya, ketupat yang baru saja matang dan masih hangat.


Bila dibuat dengan cara yang tepat, rasa ketupat pasti pulen dan enak.

Oleh sebab itu, selain menguasai cara membuat atau memasak ketupat, Anda juga harus tahu soal tips membuat ketupat supaya hasilnya pulen dan tahan lama tekstur dan rasanya pulennya.

Mau tahu? Ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengaplikasikan resep cara membuat ketupat pulen empuk dan enak.


1. Takaran beras harus pas

Takaran beras yang diisikan ke dalam selongsong ketupat harus pas. Ini dimaksudkan supaya tekstur ketupat tidak terlalu padat atau lembek.

Sebab, bila takarannya kurang, tekstur ketupat akan jadi lembek. Sebaliknya, bila takarannya terlalu banyak, maka selongsong ketupat bisa jadi jebol.

Takaran beras yang diisikan ke dalam selongsong ketupat disarankan sebanyak 60 persen dari volume ketupat atau maksimal 2/3 volume ketupat.

2. Cara merebus harus tepat

Bila menggunakan panci biasa, didihkan terlebih dahulu air yang akan digunakan untuk merebus ketupat. Proses ini memakan waktu antara 3 jam sampai 4 jam. Bila airnya menyusut, tuangkan air lagi hingga merendam seluruh permukaan ketupat.

Sedangkan bila menggunakan panci presto, proses memasaknya lebih singkat. Susun ketupa di dalam panci presto. Tuangkan air hingga merendam seluruh permukaan ketupat, rebus dengan api sedang sampai mendidih. Lanjutnya memasak ketupat dengan api kecil selama 1 jam. Keluarkan uap airnya, kemudian angkat ketupat yang sudah matang.

3. Segera ditiriskan

Supaya tahan lama, setelah matang, ketupat harus segera ditiriskan dan diangin-anginkan sampai suhunya turun. Sebab, bila terlalu lama terendam di dalam air, ketupat jadi lebih mudah basi.

4. Simpan di dalam kulkas

Untuk ketupat yang masih tersisa, segera simpan di dalam kulas. Tapi, sebelumnya harus di bungkus plastik terlebih dahulu. Ini untuk mencegah kulit terluarnya menjadi kering.

Bila ingin menyantapnya lagi, Anda tinggal memanaskan dengan cara dikukus. Atau, masukkan ke dalam magic com sampai suhunya menjadi hangat kembali.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel