Wow! Ternyata Gurihnya 3 Bahan Alami Ini Bisa Dijadikan Sebagai Pengganti MSG Lho


Loading...
Untuk menggurihkan aneka masakan, banyak orang menggunakan micin atau MSG. Tapi, sebagian di antara mereka juga tak menutup mata bila terlalu sering mengonsumsi masakan mengandung MSG, lama kelamaan justru akan berdampak buruk terhadap kesehatan.

Alternatif lain, sebagian orang beralih dari MSG ke kaldu instan untuk menambahkan rasa gurih pada setiap masakan.


Nyatanya, alternatif ini juga kurang bisa diandalkan. Masakan tetap saja kurang gurih, meski sudah menggunakan kaldu instan.

Lalu, harus bagaimana agar masakan bisa lebih gurih dan tetap sehat? Jangan khawatir, County Food punya solusinya.

Kabar baiknya, ternyata ada beberapa macam bahan makanan alami yang bisa kita manfaatkan sebagai pengganti MSG. Bahkan, jika menggunakan bahan alami ini, aroma masakan juga akan menjadi lebih sedap.

Mau tahu apa saja bahan alami itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Air kaldu


Cita rasa air kaldu yang sangat gurih tentunya bisa dijadikan sebagai bahan alami pengganti MSG. Bahkan, bila Anda mengunakannya, aroma masakan bakal jadi lebih sedap.

Adapun jenis air kaldu yang digunakan bisa apa saja, seperti kaldu sapi, kaldu ayam, atau bahkan kaldu udang dan ikan. Aplikasinya, Anda cukup mengganti air yang disebutkan di berbagai resep masakan dengan air kaldu.

2. Kombinasi garam, gula pasir, dan lada putih bubuk


Kombinasi ketiga bahan dapur ini juga cukup bisa diandalkan untuk menggantikan rasa gurih MSG. Kalau ingin lebih mantap, Anda bisa juga menambahkan air kaldu pada setiap masakan yang Anda buat.

3. Udang dan ikan teri


Menambahkan udang atau ikan teri pada setiap tumisan juga akan membuat masakan tersebut terasa lebih gurih. Apalagi kalau ditambah air kaldu, tumisan apapun pasti jadi lezat banget. Selain itu, aroma masakan juga jadi lebih sedap.

Nah, itulah 3 bahan alami yang bisa digunakan sebagai pengganti MSG agar cita rasa masakan lebih sedap dan lezat serta sehat dikonsumsi. Semoga bermanfaat!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel