Demi Keselamatan di Dapur! Inilah Tips Mengurangi Percikan Minyak Panas saat Menggoreng Ikan atau Ayam

minyak sayur panas
Makan ikan atau ayam goreng saat santap siang atau malam memang nikmat. Tapi, kita sering ogah membuat sendiri karena terbayang risiko ketika menggorengnya.

Bagaimana tidak, percikan minyak panas selalu mewarnai kegiatan menggoreng ikan atau ayam. Ya, wajar saja percikan minyak panas itu terjadi, karena dua bahan mentah itu memang banyak mengandung air.

Tapi, sebenarnya hal itu bisa diatasi lho dengan tips sederhana ini. Dengan tips ini, paling tidak risiko terkena percikan minyak panas bisa diredam, sehingga kegiatan menggoreng ikan atau ayam menjadi lebih aman.

Mau tahu? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Masukkan secara perlahan

Karena saking takutnya, banyak orang malah melempar ikan atau ayam saat memasukkannya ke dalam minyak sayur panas. Padahal, cari ini justru memicu cipratan minyak panas menjadi lebih besar.

Makanya, cara itu tidak dianjurkan ketika menggoreng ikan atau ayam. Untuk mengurangi cipratan minyak panas, Anda justru harus masukkan ikan atau ayam ke dalam minyak secara perlahan.

2. Kontrol suhu minyak sayur

Mengontrol suhu minyak sayur yang digunakan untuk menggoreng sangat bisa diandalkan untuk mengurangi risiko cipratan minyak panas. Semaking tinggi suhu minyak sayur, maka semakin tinggi pula risiko cipratan minyak panas.

Kecilkan api kompor ketika suhu minyak sayur terlalu panas. Besarkan kembali api kompor jika suhu minyak sayur turun. Begitu seterusnya hingga ikan atau ayam yang Anda goreng matang sempurna.

3. Manfaatkan serok

Hindari cipratan minyak sayur panas dengan memanfaatkan serok berkepala lebar. Dengan begitu, minyak sayur tidak terciprat mengenai Anda, tapi mengenai serok tersebut.

Nah, ternyata mudah kan meredam cipratan minyak sayur panas saat menggoreng? Sekarang tak perlu takut lagi ya menggoreng ikan atau goreng ayam sendiri di dapur.
loading...

Ketik Alamat Email Anda untuk Berlangganan Konten County Food: