Nggak Nyangka, Cuma Dengan Cara Sepraktis Ini, Kamu Bisa Bikin Nasi Kuning/Nasi Gurih yang Lezatnya Kebangetan!


Loading...
Nasi kuning atau nasi gurih memang nikmat disantap kapan saja. Salah satu masakan tradisional ini paling enak disantap bersama balado kentang, ayam bakar atau ayam goreng, dan sambal goreng ati ampela. Ditambah lauk perkedel kentang, cita rasanya semakin menggoda selera.

Tapi sayang, banyak orang enggan untuk membuat sendiri di rumah. Alasannya klise, proses memasak nasi kuning dan nasi gurih tergolong lama.

Dengan cara yang biasa nenek moyang ajarkan, waktu yang dihabiskan untuk memasak kuliner ini bisa berjam-jam.

nasi kuning dan nasi gurih

Tak ayal jika ibu-ibu atau generasi remaja putri jaman sekarang enggan jika diminta untuk membuat nasi kuning atau nasi gurih.

Eit, tunggu dulu. Tidak selamanya membuat atau memasak nasi kuning atau nasi gurih itu lama. Dengan cara ini, proses yang banyak memakan waktu ini dapat dipersingkat dan relatif lebih praktis.


Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Siapkan semua bahan

Kalau repot mengadakan santan segar, kenapa tidak menggunakan santan instan. Santan instan bisa juga kok digunakan untuk membuat nasi kuning atau nasi gurih. Asal santan instan yang digunakan berkualitas bagus, maka hasilnya juga tak jauh beda dengan santan segar.

2. Pakai peralatan modern

Singkirkan dandang yang biasa nenek kita gunakan untuk menanak nasi, ganti dengan rice cooker atau magic com. Dengan alat penanak nasi ini kita juga bisa menggunakan untuk membuat nasi gurih dan nasi kuning. Bahkan, prosesnya lebih singkat dan cara membuatnya jadi sangat praktis.

3. Cara membuat

Setelah dicuci bersih, tuangkan santan instan ke dalam panci magic com atau rice cooker. Tambahkan air dengan takaran disesuaikan dengan takaran yang biasa Anda gunakan ketika menanak nasi putih biasa.

Tambahkan bumbu nasi kuning atau nasi gurih sesuai selera, aduk sampai tercampur rata. Rebus di atas kompor sampai campuran santan instan dan air meresap, angkat.

Masukkan ke dalam rice cooker atau magic com. Tekan tombol cooking, tunggu beberapa menit, nasi kuning atau nasi gurih buatanmu sudah siap dinikmati.

Bagaimana, praktis kan? Yuk langsung praktik!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel