Cek Yuk! Inilah Gejala Wanita Mandul, Semoga Anda Tak Mengalaminya


Loading...
Mengandung dan melahirkan adalah salah satu fitrah kaum perempuan. Hal ini tentu tidak dialami oleh kaum pria.

Betapa bahagianya mereka jika dapat memiliki buah hati dari rahim sendiri. Bahkan masih banyak yang menganggap bahwa seorang wanita baru akan dianggap sempurna jika bisa memberikan keturunan pada suaminya.

Tak ayal jika kesehatan reproduksi menjadi suatu hal yang sangat diperhatian oleh kaum hawa. Beruntung bagi wanita yang memiliki kesehatan reproduksi baik alias wanita subur.


Namun di sisi lain, ada juga sebagian wanita di luaran sana yang kurang. Betapun telah berusaha, mereka tetap saja tidak bisa hamil, apalagi memberikan keturunan pada sang suami.

Dilansir dari Hellosehat.com, ada beberapa gejala yang bisa dirasakan oleh beberapa wanita yang berkaitan dengan ketidaksuburan. Cek yuk! Semoga saja Anda tidak mengalaminya.

1. Siklus menstruasi tak teratur

Salah satu gejala wanita mandul bisa dilihat dari siklus menstruasinya yang tidak teratur. Pada umumnya, siklus menstruasi wanita berkisar 28 hari sampai 35 hari.  Hanya saja memang setiap wanita punya siklus dan waktu yang berbeda-beda, asalkan waktunya konsisten, menstruasi bisa dibilang normal.

2. Sakit yang hebat saat menstruasi

Menstruasi dengan disertai rasa sakit yang hebat juga bisa menjadi salah satu ciri wanita tidak subur. Walaupun itu tidak selalu merupakan tanda ketidaksuburan, dalam beberapa kasus, hal ini bisa disebabkan oleh kondisi endometriosis, di mana kondisi yang sering dikaitkan dengan ketidaksuburan.

3. Berat badan mengalami kenaikan dan penuruna secara tiba-tiba

Anda harus waspada jika berat badan turun atau naik secara tiba-tiba. Itu bisa juga menjadi salah satu gejala yang berkaitan dengan ketidaksuburan reproduksi. Beberapa kasus menyebutkan bahwa kenaikan atau penurunan badan secara tiba-tiba kemungkinan disebabkan sindrom ovarium polikistik atau PCOS. Sindrom ini menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

Yang penting pula untuk diketahui, gejala-gejala itu muncul kemungkinan juga bukan berkaikan dengan ketidaksuburan. Guna memastikannya, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mekukan serangkaian tes.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel