Penting Buat Pekerja Lapangan! Inilah 5 Makanan yang dapat Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar UV Matahari


Loading...
Sebuah pekerjaan terkadang menuntut seseorang untuk terjun langsung ke lapangan. Yang menjadi masalah, kondisi cuaca terkadang tak selalu sesuai dengan yang diharapkan.

Di daerah tropis seperti di Indonesia ini, sinar matahari pada siang hari terasa sangat terik bila sampai terpapar ke kulit. Bila sampai terpapar cukup lama, akibatnya kulit bisa menjadi rusak dan terbakar. Yang lebih mengerikan, sinar UV matahari berisiko mengakibatkan kanker kulit.


Salah satu cara yang biasa digunakan untuk menangkal terbakarnya kulit karena paparan sinar matahari adalah dengan menggunakan sunscreen. Tapi celakanya, cara itu tak cukup memberikan perlindungan bagi kesehatan kulit.

Oleh sebab itu, dibutuhkan usaha ekstra untuk mencegah risiko kanker kulit akibat paparan sinar UV matahari. Dilansir dari Vemale, Untungnya ada beberapa bahan makanan sehat yang dapat menangkal masalah tersebut. Apa itu?

1. Almond


Kacang almond ternyata mampu mencegah terjadinya sunburn. Vitamin E pada kacang almon rupanya dapat bekerja sebagai antioksidan dan sunscreen alami.

2. Greek yoghurt

Bukan cuma berkhasiat untuk mengatasi masalah pencernaan dan kelebihan berat badan saja, ternyata greek yoghurt memiliki kandungan probiotik yang dapat memperbaiki kondisi kulit rusak akibat paparan sinar UV secara alami.

3. Teh hijau


Teh hijau rupanya memiliki senyawa katekin. Senyawa itu bersifat sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari sunsburn dan menghidari terjadi kerusakan jangka panjang akibat radiasi sinar UV matahari.

4. Kunyit

Kandungan antioksidan pada kunyit ternyata memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengatasi sunsburn. Selain itu, kunyit juga dapat melindungi sel kulit epidermis dari kerusakan yang disebabkan oleh radiasi sinar UV matahari.

5. Buah dan sayuran berwarna pekat


Semakin pekat warna buah dan sayuran, itu artinya semakin banyak antioksidan yang terkandung di dalamnya. Antioksidan yang terkandung di dalam buah dan sayuran berwarna pekat itu mampu melawan radikal bebas di dalam tubuh yang disebabkan oleh efek buruk sinar UV matahari.

Nah, itulah 5 bahan makanan yang wajib dikonsumsi bagi Anda yang sering terpapar sinar matahari. Semoga berguna!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel