Tak Disangka-sangka, Inilah Gejala Penyakit Diabetes yang Belum Tentu Semua Orang Tahu


Loading...
Diabetes melitus atau penyakit kencing manis menjadi momok tersendiri bagi umat manusia. Celakanya, penyakit ini tergolong penyakit kronis yang membutuhkan waktu lama untuk masa penyembuhannya.

Ironisnya, jumlah penderita diabetes kian bertambah. Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO), hingga kini tercatat sebanyak 150 juta orang mengalami diabetes di seluruh belahan dunia.


Umumnya, orang baru menyadari telah menderita diabetes setelah dalam kondisi menghawatirkan, di mana muncul komplikasi serius, seperti gangguan pada mata atau ginjal. Oleh sebab itu, mengetahui kehadiran penyakit ini sejak dini menjadi suatu hal yang teramat penting.

Dilansir County Food dari klikdokter.com pada Sabtu (19/12/2017), berikut tanda dan gejala diabetes!

1. Polifagia atau mudah merasa lapar


Gejala awal diabetes kerap ditandai dengan rasa lapar yang berlebihan, meski sudah makan secara teratur dengan porsi yang cukup. Itu dikarenakan makanan yang dikonsumsi sulit diubah menjadi energi.

2. Polidipsi atau mudah merasa haus


Selain kerap merasa lapar meski sudah makan dalam porsi cukup, gejala klasik yang sering dirasakan oleh penderita diabetes adalah mudah merasa haus.

3. Poliuria atau sering buang air kecil


Penderita diabetes akan merasakan gejala seperti sering buang air kecil. Kondisi ini disebabkan kadar gula darah terlalu tinggi, sehingga tubuh akan berusaha untuk mengeluarkannya melalui urin. Hal ini pula yang kemudian menyebabkan penderita diabetes sering merasa haus.

4. Mudah merasa lelah


Lantaran makanan yang dikonsumsi sulit diubah menjadi energi oleh tubuh, kondisi itu membuat tubuh menjadi mudah merasa lelah.

5. Penurunan berat badan


Dampak lain dari sulitnya tubuh merubah makanan menjadi energi membuat berat badan turun drastis. Kondisi ini pun sering tidak disadari oleh penderitanya.

6. Gatal pada area vital


Umumnya kondisi ini dialami oleh penderita diabetes berjenis kelamin perempuan.

7. Luka yang sulit sembuh


Saat mengalami luka, biasanya penderita diabetes akan mengalami penyembuhan yang lebih lama.

8. Gangguan penglihatan


Pada tingkat yang lebih lanjut, umumnya penderita diabetes akan mengalami kerusakan pembuluh darah di mata, sehingga membuat mereka mengalami gangguan penglihatan.

Nah, itulah tanda serta gejala yang umumnya dialami oleh penderita diabetes. Semoga berguna!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel