10 Cara Agar Tidak Ngantuk di Malam Hari Biar Kuat Begadang Semalaman


Loading...
"Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Begadang boleh saja, asalkan ada perlunya."

Buat Anda yang suka musik dangdut, pasti tak asing dengan dua kalimat tersebut. Ya, itu adalah penggalan lirik lagu "Begadang" yang diciptakan dan dipopulerkan oleh Rada Dangdut Rhoma Irama.

Meski terdengar sederhana, tapi lirik lagu tersebut memiliki makna yang cukup dalam. Setelah beraktivitas seharian dari pagi hingga petang, tentu tubuh kita membutuhkan waktu untuk beristirahat. Akibatnya tubuh menjadi lemas dan rentan terserang penyakit.

Meski begitu, namun memang tak bisa dipungkiri juga jika pada saat-saat tertentu kita terpaksa harus begadang. Misalnya, karena harus menyelesaikan pekerjaan kantor, menyelesaikan tugas sekolah atau kulit, maupun hal-hal penting lain yang tak bisa ditunda lagi dan harus dituntaskan secepat mungkin.


Nah, jika tujuan atau maksud dari begadang karena hal-hal penting itu, maka begadang jadi boleh-boleh saja. Tapi masalahnya, buat kita yang tidak terbiasa begadang, pasti menjadi suatu hal yang sulit untuk dilakukan.

Jangan khawatir County Food punya solusinya. Sebab selalu ada cara agar tidak ngantuk di malam hari biar kuat begadang semalaman. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Banyak minum air putih


Banyak minum air putih akan membuat kita terjaga. Air putih atau mineral yang kaya akan oksigen akan membuat tubuh terasa menjadi lebih segar.

2. Hindari posisi nyaman


Saat Anda mengerjakan tugas yang memaksa untuk begadang, agar tak mudah ngantuk, hindarilah posisi nyaman. Duduklah dalam posisi tegak. Jangan pernah sekali-kali mengerkan tugas dengan tiduran atau membungkung. Dengan duduk tegak, konsentrasi kita akan lebih terjaga.

3. Hindari mengonsumsi kafein


Salah satu cara yang biasa digunakan untuk mencegah agar tidak ngantuk adalah mengonsumsi kafein, seperti kopi, cokelat, atau teh. Pada kondisi tertentu, mengonsumsi kefein melalui berbagai minuman tersebut memang dapat membatu mata agar tidak ngantuk. Tapi efeknya badan jadi terasa sangat capek keesokan harinya.

4. Buatlah target


Jangan terlalu panjang, buatlah tarket pendek. Hal ini akan memicu Anda lebih besemangat untuk menuntaskan terget-target selanjutnya.

5. Beri apresiasi atas pencapaian target


Agar begadang lebih menyenangkan, berilah apresiasi pada diri sendiri atas pencapaian target-target pendek tersebut. Misalnya, jika berhasil menuntaskan target, Anda akan makan sedikit cemilan atau minum air putih.

6. Beri sedikit waktu untuk beristirahat


Tetap fokus, tapi jangan terlalu larut dalam menuntaskan pekerjaan atau tugas yang mengharuskan Anda untuk begadang. Agar tidak ngantuk di malam hari karena harus menyelesaikan tanggung jawab, berilah diri Anda sedikit waktu untuk beristirahat. Setiap satu jam sekali, misalnya. Luangkan waktu 5 menit untuk jalan-jalan di sekitar ruang kerja atau menyiapkan minum dan cemilan sebagai hadiah untuk mengapresiasi diri sendiri karena sudah mencapai target-target pendek tadi.

7. Sering-seringlah mengambil nafas panjang dan menghembuskannya perlahan


Agar tidak mudah ngantuk di malam hari, hal yang wajib dilakukan adalah sering mengambil nafas panjang dan menghembuskannya secara perlahan. Meski sederhana, kegiatan ini akan membuat pasokan oksigen dalam tubuh dalam kondisi cukup dan membuat kita lebih mudah terjaga.

8. Pijat bagian bawah daun telinga


Konon cara ini sangat ampuh untuk mengusir ngantuk. Adapun bagian telinga yang disarankan untuk dipijat adalah bagian bawah daun telinga. Sering-seringlah melakukannya agar tetap terjaga.

9. Buka pintu dan jendela


Udara dingin di malam hari dapat membuat kita lebih terjaga. Tapi agar tak malah masuk angin, gunakan pakaian tebal yang cukup untuk membuat badan tetap dalam kondisi nyaman.

10. Cicu muka


Rajin-rajinlah cuci muka. Dengan begitu, mata dan badan akan tetap terasa segar. Jika Anda seorang Muslim, ada baiknya berwudlu. Cara ini sangat ampuh untuk membuat mata kita tidak ngantuk saat malam hari.

Nah, itulah 10 cara yang bisa Anda pakai agar tidak ngantuk di malam hari. Setelah semua tugas selesai, usahakan untuk mendapatkan waktu tidur di siang hari agar badan terasa segar setelah begadang semalam dan perbanyak makan makanan kaya protein, seperti telur, daging, roti, ikan, dan sebagainya, di pagi hari agar stamina tubuh tetap terjaga. Semoga berguna!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Cara Agar Tidak Ngantuk di Malam Hari Biar Kuat Begadang Semalaman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel