Dikira Menyehatkan, 7 Ikan Ini Justru Dilarang Dikonsumsi Ibu Hamil dan Menyusui


Loading...
Sejak lama masyaraka mengetahui bahwa ikan mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Saking sehatnya, bahkan ibu hamil dan menyusui pun sangat disarankan untuk mengonsumsinya.


Alih-alih menyehatkan, namun 7 jenis ikan ini dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil. Pasalnya, ketujuh ikan tersebut disinyalir mengandung tinggi merkuri.

Merkuri merupakan sejenis logam berta yang banyak ditemukan di alam dan tersebar dalam batu-batuan, biji tambang, tanah, udara termasuk air laut sebagai senyawa anorganik dan organik.

Berdasarkan rekomendasi Lembaga pengawas obat dan makanan (FDA) AS ketujuh ikan yang mengandung tinggi merkuri, yaitu;
1. Ikan tilefish dari Teluk Meksiko,
2. Hiu,
3. Swordfish,
4. Orange roughy,
5. Bigeye tuna,
6. Marlin, dan
7. King mackerel.

Ketujuh ikan tersebut tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Pasalnya, mengonsumsi ikan tinggi merkuri bisa berakibat fatal pada si ibu dan bayi yang dikandungnya.

Risikonya antara lain, bayi yang dikandung bisa lahir dengan kondisi cacat mental. Selain itu, pembentukan otak juga bisa menjadi kurang sempurna.

Adapun risiko bagi ibu menyusui, antara lain, menurunkan kandungan gizi pada susu. Hal ini tentunya akan menjadi kurang baik dikonsumsi oleh bayi yang masih menyusu ASI.

Sumber: Tribunnews dan Sindonews.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel