Tidak Usah Aneh-aneh, Begini Cara Mudah dan Aman Mengurangi Rasa Asin Pada Ikan Asin


Loading...
Ada orang yang suka makan masakan ikan asin, tapi tidak suka jika rasanya terlalu asin. Meski terdengar aneh, tapi orang-orang seperti ini memang ada dan mungkin Anda adalah salah satunya.

Kadar atau tingkat rasa ikan asin memang sering terasa sangat asin. Wajar saja, itu memang sengaja dilakukan agar ikan asin tetap tahan lama dan tidak mudah busuk.


Bahkan jika ikan asin tersebut diolah dari ikan yang masih sangat segar, daya tahannya bisa sampai lebih dari setahun meski disimpan di ruang terbuka. Bila disimpan di dalam wadah kedap udara, daya tahannya akan menjadi jauh lebih lama.

Tapi, jangan khawatir ada beberapa cara mudah dan aman untuk mengurangi rasa asin pada ikan asin. Yuk simak!

1. Rendam dengan air panas


Kadar garam pada ikan asin akan berkurang jika ikan asin direndam di dalam air panas atau air mendidih.

Cukup diamkan selama 15 menit, maka rasa asin pada ikan asin akan jauh berkurang. Semakin lama waktu merendam, maka semakin banyak pula kadar garam pada ikan asin yang berkurang.

2. Daun singkong atau daun pepaya rebus


Cara lain adalah dengan menggunakan daun singkong rebus. Jika kebetulan ada daun singkong atau daun pepaya rebus yang sudah direbus, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mengurangi rasa asin pada ikan asin. Caranya cukup mudah. Bungkus ikan asin dengan daun tersebut, biarkan selama 30 menit, maka rasa asin pada ikan asin akan sedikit berkurang.

3. Ikan pindang


Daging ikan pindang juga cukup efektif untuk mengurangi rasa asin pada ikan asin. Saat memasak ikan asin, tambahkan suwiran daging ikan pindang.

Rasa tawar dari ikan pindang akan sedikit menyamarkan rasa ikan asin yang memang sangat pekat itu. Mudah bukan?

Nah, itu dia tips atau cara mudah mengurangi rasa asin pada ikan asin. Semoga berguna dan jangan lupa bagikan tips ini ke yang lain ya!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel